Percaya atau enggak, dengan satu pertemuan saja, kita bisa tahu apakah kita bakal cocok atau enggak dengan seseorang. Entah itu buat dijadikan pacar atau teman. Begitu juga pas orang lain lihat kita. Jadi kebayang dong, betapa pentingnya kesan pertama itu?

Give them the unforgettable first impression:

1. give them the grip

Pas kenalan, pastikan untuk menjabat tangan mereka dengan kuat. Jabat tangan yang ogah-ogahan memberi kesan kalau kita enggak berminat buat kenal sama mereka.

2. look them in the eye

Melihat ke arah mereka, pas salaman dan ngobrol, itu wajib hukumnya. Bayangkan betapa menyebalkannya ngobrol sama seseorang yang selalu lirik kanan-kiri pas lagi ngobrol sama kita. Tapi ingat, jangan dipelototin, ya. Seram, tuh…

3. tulus

Pretending to be nice never works out. Seriously! Satu hal yang mesti kita ingat, orang tahu ketika kita berpura-pura baik atau memang baik beneran. Bahkan seandainya dia orang yang paling enggak sensitif sedunia pun, topeng kita pasti akan terbongkar suatu saat nanti. So, be nice, sincerely…

4. tahu banyak hal

Biar bisa kasih kesan pertama yang oke, kita mesti nyambung dong pas diajak ngomong. Di sinilah jerih payah kita baca koran, majalah, dan buku terbayar. Orang-orang pasti suka ngomong sama cewek cantik/cowok ganteng yang juga cerdas. Yang pasti, kita mesti ingat untuk enggak membicarakan hal-hal yang sensitif, seperti SARA. Soalnya, kan, baru kenal… Jadi mending jaga supaya obrolan kalian umum-umum saja.

5. tubuh dan pikiran di tempat yang sama

Badan, sih, ada di situ, tapi pikiran kita enggak tahu ada di mana. Jadi pas dimintai pendapat, kita bingung mau komentar apa. Duh… Jangan gitu dong. Usahakan untuk ikut terlibat dalam percakapan, kasih pendapat pas ditanya, dan ketawa kalau ada yang lucu.

6. miss sotoy

Pengin terlibat dalam percakapan memang oke, tapi jangan sampai gara-gara itu kita jadi sok tahu. Enggak banget! Yang ada kita malah diketawain karena bersikap sok tahu. Kalau memang ada obrolan yang kita enggak ngerti, lebih baik senyum saja dan bilang, “Oh gitu, ya? Aku belum pernah dengar, tuh.”

7. penampilan itu penting

Ya ya… dunia memang enggak adil, tapi kenyataannya, dunia memang lebih memerhatikan orang-orang menarik. Catat, menarik enggak berarti cantik/cakep , lho. Jadi enggak ada salahnya kalau kita kasih perhatian sedikit sama penampilan kita. Selain itu, kalau kita merasa menarik, kita pasti lebih pede. Dan seseorang yang pede itu sanggup melakukan apa saja. Setuju?

ditulis oleh Ruth, dimuat di kaWanku edisi 25-2008