Uh, uuhh, ternyata si heartbreaker benar-benar bikin kita broken heart. Sakit, pasti… tapi masa mau mellow terus-terusan? Jangan dong… Ikuti 20 langkah ini biar hati kita cepat utuh lagi. !

1. Biasanya, kalau lagi patah hati, kita jadi super duper kreatif. Nah, daripada membuang-buang energy kreatif kita buat nangis, lebih baik ciptakan sesuatu dari kreatifitas kita. Misal, bikin blog, ciptakan lagu, puisi, cerpen, novel, atau script film.

2. Bikin ritual khusus buat menandakan kalau hubungan kita dan dia sudah berakhir. Misal, kumpulkan semua barang dari dia atau yang mengingatkan kita akan dia, lalu bakar atau kubur di halaman belakang. Memang aneh sih, tapi percaya, enggak percaya, hal ini bisa bantu kita untuk move on.
SPLASH: Sisakan satu atau dua foto sebagai kenangan untuk kita lihat nanti setelah kita berhasil melupakan dia.

3. Kesal, pengin maki-maki dia? Daripada mempermalukan diri sendiri atau bikin kepala dia makin gede karena ngerasa kita butuuuh banget sama dia, lebih baik kita buang semua energi kita yang berlebih di gym. Lumayan, sehat plus badan jadi lebih bagus. Bikin dia nyesel karena sudah ninggalin kita.
SPLASH: Berolahraga akan memicu zat endorphin ke dalam otak kita. And you know what, endorphin adalah zat yang ‘bertugas’ buat bikin kita merasa lebih bahagia!

4. Do something new! Pelajari keterampilan yang benar-benar baru dan asing buat kita. Ini adalah kegiatan paling cocok untuk mengalihkan perhatian kita dari pikiran-pikiran sedih tentang dia. Soalnya, kita kan butuh konsentrasi tinggi buat memelajari hal baru.
SPLASH: Wall-climbing, ATV, outbound, bikin kue, backpacking, parasailing, snorkeling, hiking, belajar bahasa asing. Have you tried these?

5. Nangis seheboh mungkin. Keluarkan deh semua emosi dan kesedihan kita. Tapi mesti ada target ya, enggak boleh lebih dari seminggu.

6. Mau tahu cara cepat buat bikin perasaan kita lebih baik? Senyum! Yap, and please, smile like you mean it! Bukan cuma pura-pura atau basa-basi. Terus, ada bonus nih… saat kita senyum, kita bakal menarik orang-orang buat dekat sama kita. Ketawa deh sengakak-ngakaknya sama teman-teman dekat, dan kita akan ingat, hidup kita sebelum dia ada pun, baik-baik saja, tuh!

7. Balik ke alam. Agak aneh mungkin kedengarannya, tapi alam punya cara sendiri buat ‘menyembuhkan’ kita. Coba deh, untuk beberapa saat makan sayur dan buah saja. Puasa daging dulu, sementara. Lalu sempatkan diri kita buat pergi ke tempat-tempat yang alam banget, misal laut, atau padang rumput. Di sana, duduk diam dan dengarkan ‘suara’ alam. Lebih ampuh daripada dokter manapun juga, dijamin!

8. Ganti foto-foto dia yang kita ada di kamar, dompet, hape, komputer, organizer, atau di mana pun, dengan foto-foto kita sendiri. Oh ya, ini berarti, kita mesti mengganti foto dia saat sedang berpose sama kita, ya.

9. Telepon sahabat kita yang terdekat dan minta dia untuk nginap di rumah menemani kita.

10. Hindari tempat-tempat yang dulu suka kita datangi sama dia. Malah, kalau bisa, hindari tempat-tempat yang memungkinkan kita buat ketemu sama dia. Enggak selamanya sih, sementara saja. Your heart need time to heal.

11. Lakukan sesuatu yang bisa bikin kita relaks. Misal mandi pakai air panas, nyalakan lilin aromaterapi di kamar, atau ikut kelas yoga. Lakukan ini setiap hari, badan dan perasaan kita pasti terasa lebih enak.

12. Kalau boleh sama orangtua, cari binatang peliharaan untuk kita pelihara. Kita bisa beli atau mengadopsi binatang terlantar. Selain bisa jadi teman dan membuat kita tetap sibuk, kita juga akan merasa senang karena merasa ada makhluk hidup lain yang membutuhkan waktu dan perhatian kita.

13. Manjakan diri kita. Pergi ke salon seharian penuh. Ambil semua perawatan yang ditawarkan di sana. Mulai dari pijat, manicure-pedicure, creambath atau hair-spa, bahkan potong rambut. Keluar dari salon dengan satu misi: bikin orang menengok kagum pas lihat kita.

14. Setiap malam, sebelum tidur, baca buku dulu deh. Kita mungkin enggak terlalu suka baca, tapi kali ini, coba saja dulu. Buku itu punya kekuatan buat membawa kita ‘keluar’ dari dunia kita dan masuk ke ‘dunia’ yang mereka tawarkan. Dan entah kenapa, buku bisa melakukan hal ini jauh lebih baik daripada film. Jadi, mampir ke toko buku, yuk…

15. Gula selalu membuat kita merasa lebih baik. Bukan mitos, dan bukan sihir. Ini asli beneran! Ajak teman kita buat wisata kuliner dan nikmati deh makan enak sepuasnya. Sekali-sekali, enggak apa-apa, kok. Btw, cokelat juga oke, tuh…

16. Tulis semua kekesalan kita di blog atau diari. Mau maki-maki dia sesuka hati? Boleeeh… Toh itu blog pribadi kita, dia enggak punya hak dong, buat nyela, hi hi hi…

17. Bikin list lagu-lagu seru dan pergi ke tempat karaoke. Nyanyikan semua lagu pilihan kita sambil joget seru bareng teman-teman. It’s time to let all your feelings out loud.

18. Punya barang mahal yang dari dulu cuma nongkrong di wish-list kita? Ini saatnya kita memanjakan diri dan menghadiahi diri kita sendiri. Biar lebih pol, bungkus barang tersebut dengan kertas kado dan minta orang rumah atau teman untuk mengirimkannya ke kita. Biar berasa kayak dapat kado beneran, he he he…

19. Sudah lama nih, enggak manja-manjaan sama mama… Broken heart adalah saat paling tepat buat manja-manjaan sama beliau. Pas kita lagi butuh disayang-sayang dan diperhatiin, siapa lagi yang bisa ngasih itu semua tanpa batas, seperti mama. Yuk, jadi anak kesayangan. Ajak mama pergi shopping atau nyalon bareng. Atau sekadar curhat sambil ngemil juga oke, lho.

20. Dan yang terakhir, kalau sudah enggak terlalu sedih, buruan cari gebetan baru, dong. Ngapain juga sedih lama-lama, cowok kan bukan cuma dia saja. Dan yakin deh, masih banyak cowok yang lebih baik buat kita di luar sana.

ditulis oleh Ruth
dimuat di W no. 67-2010

Kerenn kann !! Wajibb dilakuin buat kamu kamu yg lagi broken heart …… Like thisss !!!😀